Saturday, November 07, 2015

[LIFE SHARING] Working with Foreigner [part-1]

Hi Candies :D
karena postingan kali ini berhubungan dengan kerjaan gw IRL jadi gw post pakai bahasa Indonesia, ya karna gw kerja di Indo juga walopun banyak kerja sama orang asing.

Nah, sebetulnya tiba-tiba aja kepikiran posting ini pas lagi chat sama temen di line, obrol obrol soal kerjaan. Kebetulan juga gw kerja di perusahaan besar yang di dalemnya ada expatriat nya, so, ini sekedar sharing aja sama kalian sebenernya gimana rasanya kerja sama orang asing.



Perusahaan tempat gw kerja itu perusahaan Taiwan, disana ada sekitar 12 orang expatriat Taiwan. Gw sendiri disana cukup banyak berhubungan dengan Taiwanese. karna dulunya gw salah satu executives secretary disana.
Kerja dengan expat (in my case, Taiwanese) rasanya kayak nano nano, ada enak nya ada enggaknya.

karena gw dulu secretary jadi ya kerjaan gw dulu ngurusin segala keperluan atasan2 gw baik yang lokal maupun expatriat. sekarang udah ganti divisi sih ke divisi manufactural audit, atasan langsungnya masih orang sini, tapi diatasnya beliau expat.

nah sebelum ganti expat sama yang sekarang, gw labelin asisten sama expat yang sebelumnya.
Bangga? Happy? dikit sih, LOL

nih gw mau bagi2 senengnya dulu kerja sama orang asing.

pertama :
LEARN
kalo kalian termasuk orang yang suka kenalan sama orang asing, beda budaya, sambil belajar bahasa (baik itu English, Japanese, Taiwanese etc) kalian beruntung banget kalo sampe bisa kenal dan kerja sama expat. serius loh, apalagi kalo kalian orangnya doyan belajar, bukan belajar untuk ujian macam di sekolah ya, tapi belajar apa ya, social life, communication, kayak gitu-gitu, yang gak diajarin dosen kalian di sekolah gitu. karena banyak banget yang bisa kalian pelajari dari mereka.
contoh nih ya...si bos gw yang badannya segede baymax ini (mulai sekarang kita panggil dia baymax) orangnya itu sangat open minded, kalo kalian suka baca manga2 Jepang yang serial cantik gitu, nah baymax termasuk tipe2 cowok ganteng, cool (cuma first impression doang), yang digemari banyak orang dan gw adalah sebiji upik abu. dulu gw orangnya mudah tersinggung tapi semenjak gw kenal baymax dan teman2nya sifat itu perlahan - lahan ilang, karena keseringan dia ejek XDXD dikatain "stupid" sering, dikatain "useless" "stink" "disgusting" dan blah blah blah awalnya sering ngambekan kalo dimarahin tapi lama-lama belajar kalau ITU CARA MEREKA NGAJARIN ILMUNYA, jadinya ya sekarang udah bisa lebih tenang ngadepin manusia2 yang mulutnya begitu XD aneh ya? memang aneh, tapi itu menyenangkan kok, setidaknya buat gw.

kedua :
become superior.
yang gw lihat, orang kita di Indo sini masih merasa orang asing itu superior. rata-rata orang sini bangga banget punya temen orang asing...(kebanyakan yang gw tau ya), itu juga terjadi di tempat gw kerja. Mereka bangga banget kalo bisa deket sama para expatriat, dan gw merasa beruntung jadi salah satu orang itu. baymax bukan cuma bos gw di kantor, tapi temen curhat gw after working hour, walaupun kadang masih seputar kerjaan. Itu bikin orang lain iri loh walaupun GW GA PERNAH BERMAKSUD BIKIN ORANG MERASA GITU. jadi kalau kalian punya kesempatan kerja sama expatriat dan kalian adalah orang yang senang bergaul dengan orang asing, terus dapet orang-orang asing yang baik, bersyukurlah, gak semua orang bisa seperti kalian.

ketiga :
privilege??special treatment??
beberapa expat memang punya hak istimewa, dan kadang-kadang kalau kita beruntung kita suka kecipratan XDXD gw pernah tuh diajak ke kantin untuk translate in apa yang dia mau ke chef, chef nya juga one of my close friend di kantor,  lumayan, lagi haus2 ga sempet minum, dikasi jus dingin XD kecil, tapi berharga buat gw, he's my idol if i can say that. kadang gw juga dapat project2 kerja dari dia, buat gw dapet kata "good job" aja udah beruntung, itu artinya kerjaan gw dihargai. orang asing itu biasanya sangat menghargai kerjaan anak buahnya, selama hasil kerjanya dia anggap sesuai ekspektasi. kalau gw, dibilang dikasih special treatment, dalam arti, mereka itu pengertian kok, saat kita gak bisa ngerjain kerjaan kita karena keteteran, atau kita lagi kesulitan, ketika bilang ke mereka, mereka biasanya kasih solusi, dan bantu, selama kita mau bicara kesulitan kita...nah itu dia yang gw bilang belajar komunikasi. kalau dilihat orang sepintas gw dapet privilege, atau special treatment, padahal kalau dialami sendiri, hal itu memang biasa, biasa mereka lakukan, ke siapapun gak cuma ke orang pilihan.

keempat :
FUN
gw sangat senang bergaul dengan banyak orang, dan buat gw bergaul dengan orang asing itu menyenangkan, sangat menyenangkan. Selain jadi bos di kantor, beberapa expat juga jadi temen gw diluar kerjaan.
beside baymax ada juga temen gw Pino, dia sempat jadi expat sebentar di sini, dan dia seumuran gw jadi kita banyak sharing, sampe masalah percintaan, pernikahan lintas negara *NANI KORE?* ya pokoknya banyak deh, walopun dia sudah balik ke Taiwan, kadang kalo lagi belajar mandarin gw suka telepon dia XDXD nanyain " what do you say it in Taiwanese? " huehuehuehue, in return gw ajarin dia beberapa bahasa Indonesia yang bisa dia pake disini kalo dia berkunjung lagi.

kelima :
More colleague
kalau memang senang bergaul dengan banyak orang, kerja dengan expat bisa bikin kamu banyak kenalan expat lainnya juga. dulu gw kenal expat di kantor cuma baymax dan big boss, tapi gegara si baymax ngegosipin status pesbuk gw jadilah banyak expat kepo yang tau gw, dan mereka beneran kepo XDXD tapi gak cuma itu sih, biasanya kalo mereka udah ngerasa nyaman sama kita, ya pasti kan kita dikenalin ke temen-temennya dan gw sudah cukup kenyang dikatain " this is my assistant, if you need anything just ask her " preeeett dan akhirnya gw ditarik kanan kiri yang pengen project nya kelar duluan XDXD asik sih, cuma rada cape aja XD

banyak enaknya lah punya temen expat, dan kerja sama expat, bisa asah kemampuan kalian juga...jadi kalau ada yang kerja sama expat, dan masih malu-malu bergaul sama mereka bisa mulai banyak ngobrol deh jangan ngerasa takut atau malu. tapi lihat-lihat dulu orangnya ya, kalo di kasus gw sih, karna beberapa expat umurnya hanya beda 1-7 tahun, dan mereka rata2 sudah pernah tahu dunia luar (ada yang pernah tinggal di US, ada yang udah bolak balik Indo, India, Vietnam, dll) dan berjiwa muda XD, kalo yang udah bapak2, opa2, dan posisinya kelewat tinggi dari gw (contoh: owner, regional manager dll) gw juga cuma berani bungkuk-bungkuk, manggut2 dan senyum2 doang sih...gak kayak ke baymax dan pino yang gw bisa cubitin, tendangin, geplakin, mintain duit hahahaha (gw suka mintak eskrim dan kue nastar taiwan XD)

tapi jangan salah loh, punya label "DEKET SAMA BOS" apalagi bos kita itu EXPAT kadang gak selalu enak...ada juga gak enaknya.

pertama :
WORKLOAD
kerjaan tambah banyak. dulu gw sebagai secretary gw sadar betul bahwa kerjaan gw gak cuma 8 jam kerja. setelah pindah divisi pun karena label asisten kerjaan gw tentu lebih banyak dibanding yang lain...jadi harus pinter-pinter bagi waktu kalau gak ya bernasib kayak gw, KETETERAN. tapi tetep sih selain itu juga tergantung dari orang-orang di sekeliling kalian dan seperti apa bos expat kita..beda orang pasti beda kebijakan dan regulasi, and trust me, those things makes you struggle a lot...A LOT BEBE~~ dengan label asisten apalagi asisten expat, kerjaan yang nambah banyak, nyita waktu, dan kita dituntut untuk harus selalu tau dimana keberadaan beliau - beliau...dan tentunya harus tetep siap siaga 24/7. dulu gw masih sering terima telepon subuh-subuh...sekarang udah berkurang sih (cuma pressure nya aja yang nambah) XD. karena workload yang banyak juga, pikiran kita kebagi2, antara kerjaan yang satu dan yang lainnya.....sempet ngepost meme di path gw tempo hari...kurang lebih inti nya gini :
1. people with a lot of work make a lot of mistake
2. people with less work make less mistake
3. people with no work make no mistake
and people with no mistake got promoted.

LOL banget lah ini hahahaha (if u know what i mean)
jadi kalau kalian kerja dengan expat, apalagi dapat label asisten kayak gw, jangan girang dulu pemirsa...penderitaannya cukup panjang dan melelahkan...

kedua :
There's always be some assholes around.
Yep, walopun kita ga niat bikin orang IRI, ga niat SKSD, ga niat sok PAMER....bakalan ada orang-orang sekitar kita yang IRI sama kedekatan kita dengan expat-expat (moreover kalo tu expat tampangnya macam BREDPIT ) jadi....siap-siaplah punya haters disekeliling kalian hohoho....yang gak demen sama gw banyak kok, dan yang bikin gw sweat drop adalah ketika mereka bilang :
"Eve, English lu kok bagus sik, gw pengen deh bisa ngobrol sama orang Taiwan"
kalimat begini akan selalu gw jawab :
"Ah, gw bisa Engrish juga karna belajar disini kok, kalo mau, yuk belajar barengan, biar bisa ngobrol jugak sama mereka "
and then they will said :
"Ah gw kan udah tua, udah anak 2, susah nempelnya kalo belajar, lagian malu sama Taiwan nya.."

lalu kalau sudah begini salah siapa??? selalu salahnya Kotoko (kebanyakan nonton itakiss)

itulah kenapa gw bilang akan selalu ada yang iri sama prestasi lu walopun prestasinya cuma gegara bisa ngobrol sama expat doank.

ketiga :
High standard of damn assignment
entah kalo di tempat lain ya, tapi dari baymax ke bos gw yang sekarang pun kalo ngasih assignment pasti standarnya tinggi, apapun assignment nya, mau itu paperwork, project, kerja lapangan pasti minta nya standart tinggi...keder memang, tapi kalo udah bisa dikuasai bisa cepet kok..cuma ya itu proses kesananya itu.
selama sama baymax (karna sama yang baru ini gw baru sekitar 3 bulan blom kerasa gimana-gimana selain banyak dimarahin XD) gw udah 7x dibikin nangis sama dia cuma gegara PAPERWORK (yang gw mewek karna perpisahan doi pulang ga diitung ye) seriously just because those damn paperwork gw sampe kudu mewek 7x dan minta resign 2x.
tapi setelah gw sadari sekitar 2 tahun sebelum dia pulang kampung, gw baru nyadar kalo gw ALAY total pemirsa....
karna ternyata dibalik high standard itu dia ngajarin gimana gw seharusnya, dan gw belajar cara menemukan akar masalah. itu kenapa gw bilang expat2 yang gw kenal selalu minta standart tinggi dan ON TIME. bos gw yang sekarang kalo laporan yang dia minta telat sehari bisa diganyang idup2 gw.
jadi prepare any assignment AS PERFECT AS U CAN.

walaupun lebih banyak senengnya kerja sama expat, tapi ga enak nya juga lumayan banyak dan berat loh...seneng atau gak nya kerja sama expat juga ga terlepas dari personality expatnya sendiri, dan temen2 sekitar kita....intinya sih usaha terus, gak usah iri sama yang deket sama expat, kalau perlu, les bahasa mereka dan perkuat bahasa Inggris, gak usah malu sama umur, malu tuh kalo cuma bisa diem, ngomongin dan ngata2in di belakang. setiap orang punya bakat dan skill masing-masing kok...kalau mau USAHA DENGAN JALAN BENAR pasti bisa...

yaudah segitu dulu, semoga kalau udah sembuh saya bisa ripiu ripiu mekap dan skin care lagi...oke? take care....

love Eve.

No comments:

Post a Comment