Sunday, April 10, 2016

[REAL LIFE JOURNAL] MY FIRST PREGNANCY, EXCITED TO BE A MOM?? XDXD (BAHASA)

Hi there Candies...
karena ini bahasannya real life dan banyak yang gw ceritakan di Indonesia jadi mending gw pake bahasa Indonesia aja biar gampang.

well...this is my gak tau nyebutnya apa, announcement? (gak ada yang butuh juga sik XD) 
tapi buat yang berencana hamil siapa tau bisa jadi salah satu referensi dah ya... gw ada rekomendasi dokter juga....

buat ibuk-ibuk dan buat cewek-cewek yang baca, ini mbahas soal pregnancy jadi bakalan banyak bahasa macem Mens, ML etc etc jadi read on your own risk, maksud gw gw njelasinnya gamblang biar gampang dingertiin gitu....so kalo ada salah-salah tulis, salah salah kata maapin ya, gw kan udah kasi warning ehe....yaudah kita lanjut kalo gitu it's gonna be a looongg journal sodara-sodara..

Jadi, sekira bulan Maret kemaren tuh, gw udah telat mens, seharusnya gw mens itu di sekitar tanggal 20 an tapi gw gak mens tuh, terakhir gw mens itu tanggal 21 Februari kemaren. 

jadi sebelumnya gw itu suka nge-track jadwal mens gw, jadi gw bakalan tau kapan gw bakalan mens dan kapan tanggal gw subur. gw download apps di hape namanya "MY CALENDAR" so far itu berguna banget buat gw karena jadwal mens gw selalu tepat sama perkiraan si kalender mens di hape itu. mangkannya gw tau kapan harus siap-siap bawa pembalut ke kantor.

si My calendar ini juga bisa nge track dan cantumin catatan kapan lu terakhir ML (khusus yang udah married ya mbak, kalo belom jangan dah...ehehe), sebelum-sebelumnya gw rajin catatin itu note tapi belakangan ini gw malas sodara-sodaraaaaa capek bo, abis bersih2 maunya molor aja gitu.

nah back to my pregnancy. 
sebelumnya udah sering sih telat mens paling sehari sampe tiga hari terus besoknya mens, wajar lah itu..tapi pas kemaren itu, tanggal 19 itu perut gw melilit, ya persis kayak mules mules nyiksa pas mau mens gitu, sampe guling guling gw di kasur... gw pikir besoknya bakal mens ternyata gak...besoknya dan besoknya juga enggak...

telat hari ke 4 gw merasa ada sedikit perubahan di badan gw....I feel my breast getting bigger, and it's hurt...dada gw linu cuy... gw tanya suami juga dia bilang  " iya kok dada kamu gede amat?" udah curiga sih, tapi gw berfikir ah belom seminggu kalem aja...tinggal tespek..

nah masalah morning sickness (yang sekarang gw terjemahin jadi morning hello) itu sebelum hamil juga gw udah setiap hari ngalamin, karna gw punya masalah lambung, jadi kalo pagi-pagi suka mual pengen muntah gitu..udah rutin lah itu mah..parah ye...jadi gw juga ga mau terlalu kepikiran gw hamil apa enggak apa gimana gitu...

akhirnya setelah telat 5 hari gw tespek, kebetulan gw selalu nyetok tespek semenjak gw lepas kontrasepsi ( sebelumnya gw kena alergi guys ntar gw cerita dah, so ati ati milih alat kontrasepsi, gw asal aja kmaren tuh pas kawin milih kondom ternyata malah alergi, so...ati - ati aja). singkat cerita, gw pake itu tespek dan voilaaa GARISNYA DUA...

gw kasi unjuk tuh ke laki gw...tapi dasar dia lempeng aja, cuma cengangas cengeges. gw bbm dah itu emak gw si sapi JAM 4 SUBUH XDXD dan dia baru balas siang apa ya gw lupa juga...itu pas hari jum'at libur, laki gw siang itu langsung nelepon RS Santo Borromeus nanyain dokter yang gw gebet ada apa kaga...dan ternyata dokter SpOG yang gw gebet ada tuh...

besok siang nya pas hari sabtu itu gw langsung pegi jam 9 pagi ke RS karena si dokter praktek dari jam 9 sampe jam 11 aja...pas sampe sana ternyata si mbak nya bilang 

" Bu, buat ke Dr Maximus udah tutup pendaftarannya, mau coba datang lagi senin atau gimana? " 

karena gw terlalu excited, gw akhirnya daftar ke dokter yang antriannya gak lama Dr Eddy namanya...
(dan gw menyesal...) setelah tensi darah dan ditanya kapan terakhir mens, ada ngerasa gejala apa aja, ditimbang dll dll gw nunggu di ruang tunggu, dan liat antrian dr Maximus...BANYAAAAKKKK hiks gw ga kebagian...

pas gw dipanggil, kebetulan laki gw lagi ke toilet jadi gw masuk sendiri....and you know what??? DOKTERNYA JUDES MANING~~~ dan pas USG itu belom keliatan apa - apa....masalahnya yang bikin gw down itu itu dokter jutek maaaakkk.....gila jutek pisan....dia cuma bilang 

" ragu-ragu ya bu, lagian juga baru telat 6 hari mana bisa keliatan " DAFUQ

ga masalah sih sebenernya kalopun belom keliatan....tapi dok YOU ARE DEALING WITH EMAK - EMAK BUNTING which is rada sensitif bawaannya mbok ya ramah dikit ngapa, ramah kan ga pake bayar dok...syukurlah bawaan sensi gw bukan ke nangis tapi ke marah XD trus gw cerita ke dia sebelumnya gw ada sakit kelenjar getah bening gw bengkak dia cuma bilang " yaudah obatnya jangan diminum lagi " dengan judes nya...well no wonder lah pasien lu dikit, lu nya aja begitu...

singkatnya gw pulang dengan kecewa....thank GOD gw punya laki baek, kita nongki2 cantik di acara jejepangan UPI sambil makan sosis bakar, trus jajan ke setiabudhi supermarket... sepanjang hari emak gw si sapi, ngasi wejangan, dan bikin gw feel better, dia bilang ga usah khawatir karna mesti itu hasil tespek kalo positif udah 99% bener...

nah setelah itu gw jadi rada parno, apa jangan-jangan emang ga hamil apa gimana....pokoknya kalo ngerasa basah-basah dikit di underwear pasti gw langsung ke toilet ngecek, tapi so far ga ada tanda-tanda flek darah atau apa....paling keputihan, itu pun dikit, ga sebanyak sebelumnya...

setelah 10 hari akhirnya gw ke RS lagi, kali ini gw dateng lebih pagi, jam 7.30 gw udah cus dari rumah, Thank GOD begitu sampe tempat daftar di gedung Elizabeth masi bisa daftar dr Maximus Mudjur SpOG...

ini dia dokter yang gw bilang gw gebet, selain rekomendasi dari mertua, dr Maximus juga rekomendasi dari tante-tantenya laki gw yang juga dokter. gw dapat antrian nomor 10 setelah di tensi dan di timbang ulang.

gw masuk ruang tunggu dan sudah buanyaaakkkk emak-emak bunting nunggu disana....beberapa ada yang ke dokter amelia, dokter Elis...dan yaa si dokter Eddy itu which is gw udah ogah se ogah ogahnya kesana...

setelah menunggu  3 jam (YES MEN 3 BLODDY HOURS gw ga bohong, seriusan) gw dipanggil masuk...nunggu dokternya lama karena ada yang melahirkan sama yang mau proses kuret kalo ga salah...dokternya sih jam 8.30 udah datang, padahal dese jadwalnya jam 9.00 keren kann..

pas masup, gw cerita, kemaren USG tapi belom keliatan si bayik nya....dokternya cuma bilang, oke kita cek ya... nah trus suster nyuruh laki gw masup juga, disuru bediri ngadep itu monitor...dokter masi di mejanya kasi tau hasil cek sama pasien sebelum gw...dan dari yang gw denger DOKTERNYA BAIK PISAAAANNNNN dese sampe ngajak ngobrol anak pertama si ibuk yang sebelum gw tadi....cinta lah sama dokter...gak sampai situ cinta gw sama dokter satu ini...pas USG akhirnya udah keliatan itu si bayik...bentuknya bulat di kantongin....udah mo mewek gw disitu...amaze aja gitu di badan gw ada makhluk hidup nya...denyut-denyut...bundar...hello there baobei :D

setelah selesai, dokter bilang umur baobei baru 6 minggu...masi bundar...nah pas duduk di hadapan meja dokter....

gw : dok, janinnya sehat kan ya? soalnya saya sering naik motor di jalan rusak 
dokter : memang kalau sering naik motor bikin janin gak sehat? 
gw : *cengegesan*
dokter : ini lho yang salah....sini saya kasih tahu...agamamu apa?

baru kali ini gw curhat sama dokter gak ditanya gejala tapi ditanya agama...

gw : Islam dok
dokter : nah yang punya jiwa itu siapa? kamu apa Allah ? 
gw : Allah dok
dokter : nah maka dari itu, kalau Allah sudah menghendaki kamu jadi mami, ya kamu tidak harus takut ini itu, karena badan kamu itu hanya tempat badan saja, kalau jiwa nya bukan kamu yang memutuskan...hanya Allah yang bisa putuskan jiwa seseorang...

dokter Maximus kasi gue semacam pamflet isinya komunikasi dengan bayi dalam perut...

dokter : kalau sekarang mual, kamu harus senang, itu bentuk komunikasi baby sama mami papinya, kalo baby komunikasi setelah lahir itu pake nangis, mau digendong nangis, pipis nangis, laper nangis, nah kalo masi dalam perut, komunikasinya mual, kamu harus terimakasih sama dia karena itu tandanya dia kasih tau, bisa jadi dia kasih tau dia gak suka makanan yang kamu kasih, atau dia cuma say hello pagi - pagi. dia juga akan minta keluarkan zat yang dia tidak butuhkan, atau makanan yang berlebihan, cirinya kalau baby protes apa? setelah muntah kamu akan rasa plong...relax..

disini gw tau kalau baobei tidak suka popcorn keju karna gw muntah setelah makan itu dan terasa plong :D, to be honest selama dokter ceramahin gw, gw udah mau mewek cuy...nahan aer mata di tenggorokan....sakit njirr..

dokter : jadi kamu harus ingat, sekarang kamu itu dua jiwa dalam satu tubuh, jadi kalau baby kamu gak suka jangan kamu paksakan...itu namanya kamu menyiksa, nanti dia cacat, kena autism...kamu gak sayang kalau gitu...(ini quotes fav gw) pada dasarnya MANUSIA ITU MILIK ALLAH, JADI MAMI PAPI NYA TIDAK PUNYA HAK APAPUN ATAS ANAK ITU, MEREKA HANYALAH PENGASUH TITIPAN ALLAH SAJA. jadi kamu tidak berhak menyiksa anak kamu, contoh, kamu makan pedas, anak kamu tidak suka, jangan makan pedas lagi, itu kamu menyiksa namanya...kamu minum susu, anak kamu tidak suka susu jangan berikan susu lagi (ini juga paporit) YANG BIKIN CERDAS ITU ALLAH, BUKAN SUSU, JADI KALAU DIA TIDAK SUKA SUSU JANGAN BERIKAN DIA SUSU. ya, mengerti ya...sekarang kalian sudah bukan suami istri...sudah mami papi...peran suami istri taro di tempat sampah.

sumpah gw pengen peluk si dokter.....gw tau beliau tidak se agama dengan gw tapi, cara dia menjelaskan itu memang benar...LOGIS...dan itu yang harus gw pelajarin sih...rasanya denger penjelasan dokter Maximus gw udah ga butuh those bunch of parenting shit lagi lah.....
pas dia lagi asik njelasin...ada telepon kayanya ada yang mau lahiran lagi tuh....akhirnya dengan buru-buru dia jelasin gini 

dokter : nah biar dia nanti SQ nya bagus, ajari baby mengenal Tuhannya...rajin ranjin ajak dia solat...

Man, ini nih yang bikin gw seneng, dokter bukan muslim tapi ngasi tau, ngingetin gw ibadah menurut kepercayaan gw....ditengah semua manusia sok suci sekeliling gw men judge semua orang NON MUSLIM ITU MUSUH...now i just want to say....MAMANEH WE NYING!!

gw disuruh datang lagi dua minggu kedepan, dokter mau ngasi daftar makanan yang boleh dan gak boleh, biar gw gak obese saat hamil...so far sih baobei kayaknya ga suka keju, kemaren makan popcorn keju, keluar lagi, hari ini papinya belikan pizza dan salad pakai keju juga dia ga suka....sukanya yang seger2 sama beef XDXDXD kalo makan soto sama sop doyan...gw juga menghindari pedas sih....kesian...dilarang menyiksa anak....

that's all candies...semoga bisa jadi sedikit referensi yang mau cari dokter kandungan ya...buat yang di bandung selain dokter MAXIMUS MUDJUR SpOG yang di RS Santo Borromeus ada juga dokter kece satu lagi dulu nyokap gw ke dokter itu, namanya dokter WINARNO SARKAWI SpOG dia prakteknya di RS LIMIJATI sama di astana anyar...

cuma kalo masalah biaya lebih terjangkau ke dr Maximus sih, dia kan praktek di RS, jadi jatohnya biayanya lebih terjangakau kemarin gw abis sekitar 160k untuk biaya dokter dan print USG, sama 255k untuk vitamin, dikasi elefit sama utrogestan biar baobei nya setrong....kalo dr Winarno dulu nyokap sekali kesana habis sekitar 300k an juga yang di tempat praktek di rumahnya...itu belom sama obat atau vitamin yang kudu ditebus juga...temen gw kesana abis sekitar 600k an
tadinya gw mau ambil dr Winarno, tapi karena cuma praktik di LIMIJATI dan itu RS sudah tak se affordable waktu jaman emak gw lahiran taun 2008 dulu..jadi gw pilih dr Maximus saja.....ehehe...

thanks for reading ya....doakan agar baobei selalu sehat :D

love, Eve 

No comments:

Post a Comment